Terhubung Dengan Diri Sendiri Di Markas Ketenangan

markas ketenangan

“Sulit menemukan apa pun untuk dikatakan tentang kehidupan tanpa membenamkan dirimu sendiri di dunia, tetapi juga nyaris mustahil untuk memikirkan arti kehidupan itu, atau cara terbaik untuk mengatakannya, tapa mengeluarkan diri darinya lag.”

– Tim Kreider

Kreativitas adalah tentang koneksi-kamu harus terhubunga dengan orang-orang lain untuk terinspirasi dan membagi karyamu sendiri-tetapi ia juga menyangkut tentang diskoneksi. Kamu harus mengasingkan diri dari dunia di markas ketenanganmu dalam waktu yang cukup lama untuk berpikir, mempraktikan senimu, dan menghadirkan sesuatu yang pantas dibagi dengan orang lain. Kamu harus sedikit bermain kucing-kucingan demi menghasilkan sesuatu yang layak untuk ditemukan.

Keheningan dan kesendirian merupakan hal penting. Dunia modern kita yang penuh dengan notifikasi, siklus berita 24 jam tiap hari, dan kontak yang konstan nyaris keji terhadap pengasingan diri yang mesti dilakukan oleh para seniman untuk memfokuskan diri lebih mendalam pada pekerjaan mereka.

Markas Ketenangan

Dalam The Power of Myth, Joseph Campbell mengatakan bahwa semua orang harus membangun sebuah “markas ketenangan”:

Kamu harus memiliki ruangan, atau waktu sekitar satu jam sehari, ketika kamu sama sekali tidak tahu berita yang dimuat dalam surat kabar pada pagi itu, kamu tidak tahu siapa teman-temanmu, kamu tidak tahu utangmu pada siapa pun, kamu tidak tahu utang siapa pun pada dirimu. Inilah tempat kamu bisa sekadar merasakan dan menghadirkan siapa dirimu dan bisa menjadi apa dirimu. Inilah tempat bagi inkubasi kreativitas. Pada awalnya, mungkin kamu mendapati tidak ada apa pun, yang terjadi di sana. Namun, kalau kamu memiliki tempat keramat dan menggunakannya, sesuatu pada akhirnya akan terjadi.

Baca Juga: Tuntaskan Setiap Hari Dan Lupakanlah

Perhatikan bahwa Campbell mengatakan kamu harus memiliki sebuah ruangan atau waktu tertentu. Sebuah markas ketenangan bisa saja bukan berarti, di mana, tetapi juga kapan. Bukan saja sebuah tempat keramat, tetapi juga waktu keramat.

Paket istimewanya adalah memuat baik ruangan khusus maupun waktu khusus yang bisa kamu masuki. Namun, menurutku satu hal saja sudah cukup. Misalnya, katakan saja kamu memiliki apartemen kecil yang kamu bagi bersama anak-anak kecil. Tidak ada ruang bagi markas ketenanganmu, hanya ada waktu. Ketika anak-anak tertidur atau sedang berada di sekolah atau tempat penitipan anak, bahkan meja dapur sekalipun bisa menjadi sebuah markas ketenangan. Atau, misalkan saja jadwalmu benar-benar tak dapat diprediksi dan tidak ada porsi waktu dalam sehari yang dapat diandalkan-maka saat itulah sebuah ruangan khusus yang disiapkan untukmu kapan pun bisa sangat berguna.

Yang jelas hal yang paling sehat, adalah jika kita membuat sebuah janji harian untuk memutuskan koneksi kita dari dunia supaya kita menghubungkan diri dengan diri kita sendiri. Anak-anak, pekerjaan, tidur, dan ribuan hal lain akan mengganggu, tetapi kita perlu menemukan markas ketenangan kita sendiri, waktu keramat kita sendiri.

“Di manakah markas ketenanganmu?” tanya Campbell. “Kamu harus berusaha menemukannya.”

“Kebutuhan terhebat akan masa kita adalah membersihkan kumpulan sampah mental dan emosi luar biasa yang menyesaki pikiran kita dan menjadikan politik dan sosial sebagai penyakit massal. Tanpa aksi bebersih ini, kita tidak akan mampu untuk mulai melihat. Jika kita tak dapat melihat, kita tak dapat berpikir.”

– Thomas Merton

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Kebijakan Privasi | Disclaimer | Pedoman Siber - Copyright © 2021. Semua Saudara. Allright Reserved.