Mode Pesawat Terbang Bisa Jadi Sebuah Cara Hidup

mode pesawat

“Telepon memberi kita banyak hal tetapi ia juga merebut tiga elemen kunci penemuan: kesendirian, ketidak pastian, dan kebosanan. Hal-hal itu selalu mejadi sumber ide-ide kreatf berasal.”

-Lynda Barry

Dalam sebuah proyek Seat Assignment yang telah dikerjakan, seorang seniman bernama Nina Katchadourian menggunakan perjalanan pesawat yang panjang dan tidak bersambung untuk membuat karya seni dengan hanya menggunakan kamera ponselnya, barang-barang yang dikemasnya dalam perjalanan, dan bahah-bahan yang ditemukannya di mode pesawat. Dia akan menambahkan sedikit taburan garam pada foto-foto majalah di penerbangan untuk menciptakan gambar-gambar mengerikan arwah-arwah dan hantu-hantu. Dia melipat sweaternya membentuk wajah-wajah gorila. Dia akan mendandani dirinya dengan mengenakan kertas toilet dan penutup kloset di kamar mandi pesawat dan mengambil beberapa swafoto yang menghidupkan kembali potret-potret bergaya-Flemish lama.

Baca Juga: Kamu Bisa Terbangun Tanpa Terlarut Pada Berita-Berita

Sementara sebagian besar dari kita berjuang dengan kecanduan telepon pintar, Katchadourian telah menemukan cara mengubah telepon pintar menjadi mesin untuk membuat sebuah karya seni. Yang terbaik dari segalanya, tak seorang pun menduga apa yang dikerjakannya. “Begitu kamu mengeluarkan kamera sungguhan,” ujarnya, “ia seakan menjerit, aku sedang membuat karya seni!” Alih-alih, orang-orang mengira dia hanyalah seorang pelancong bosan yang sedang menghabiskan waktu. Seat Assignment telah berlangsung di lebih dari dua ratus penerbangan semenjak 2010, dan pada masa penulisan ini, Katchadourian mengatakan bahwa hanya ada tiga orang penumpang sepanjang tahun-tahun itu yang bertanya apa yang sedang dikerjakannya.

Menerapkan Mode Pesawat Di Kehidupan Darat

Kini setiap kali aku sedang berasa di pesawat, aku terpikir tentang segala karya seni yang dapat kubuat. Pengajar menulisku biasa bergurau bahwa peraturan pertama dalam penulisan adalah dengan “menaruh bokong di kursi”. Karena kamu dipaksa untuk mengalihkan peralatan elektronikmu ke dalam mode pesawat dan kamu secara harfiah diikat di sebuah bangku, aku mendapati pesawat sebagai tempat yang hebat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Namun, mengapa tidak mereplika pengalaman itu di darat? Kamu tidak perlu berada di dalam pesawat untuk mempraktikan pesawat terbang: Pasang pelantang telinga murah, dan alihkan telepon pintar atau tabletmu ke mode pesawat, dan kamu bisa mengubah perjalanan menjemukan apa pun atau memanfaatkan waktu yang terbatas menjadi sebuah peluang bekerja untuk menghubungkan diri kembali dengan dirimu sendiri dan pekerjaanmu.

Mode pesawat bukan hanya berarti mengatur setting telpon pintarmu: Ia bisa mengubah seluruh hidupmu.

“Hampir segala hal bisa berfungsi kembali kalau kau mencopot sambungan listriknya selama beberapa menit-termasuk dirimu sendiri.”

-Anne Lamott

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Kebijakan Privasi | Disclaimer | Pedoman Siber - Copyright © 2021. Semua Saudara. Allright Reserved.