Kerja Sama dan Kolaborasi Dalam Suatu Tim adalah Hal Kritis

kerja sama dan kolaborasi

Di perusahaan kecil dan besar, tim sangatlah penting. Kerja sama dan kolaborasi yang sukses adalah hal kritis bagi brand yang baik. Variasi bahan dan lingkungan yang membuat suatu tim ideal ditentukan oleh jumlah individu di dalamnya. Keberagaman pengalaman, umur, dan latar belakang sejalan dengan komunikasi yang suportif dan tidak menghakimi serta ferekuensi dan durasi waktu yang dihabiskan bersama-sama memainkan peran yang sangat penting.

Di samping itu, ketika banyak tim sudah tidak kompak, kekacauan dapat terjadi di dalam perusahaan; pekerjaan terbengkalai dan tingkat resensi turun. Ini sebabnya mengapa banyak perusahaan menginvestasikan waktu dan uang dalam membangun tim, yang mana merupakan bisnis besar pada dasarnya. Retret, pelatihan, kursus, dan tamasya bersama dapatmembawa banyak orang secara bersama-sama dan meningkatkan kreativitas serta produktivitas. Di UnMarketing, kami tidak membutuhkan pelatihan pembangunan tim karena kami sudah memiliki lima orang anak yang harus kami jaga kebersamaannya (walaupun kami telah dikenal karena melakukan beberapa retret ke Las Vegas).

Pertanyaan besarnya adalah apakah pelatihan pembangunan tim sebenernya betul-betul bermanfaat. Jawabannya, bergantung. Jika sebagai seorang manajer, Anda menghindar mendengarkan respons balik dari karyawan, jika kerja sama dan kolaborasi serta komunikasi tidak diprioritaskan dan banyak orang merasa tidak dinilai dengan wajar dan merasa tidak berdaya, maka tidak ada satu pun pelatihan pembangunan tim yang dapat menolong Anda. Jika karyawan Anda bekerja dari rumah, pertemuan tatap muka yang direncanakan dengan baik mungkin bisa menjadi sesuatu yang Anda butuhkan. Kami telah melihat banyak perusahaan menggunakan kegiatan berskala besar seperti South by Southwest (SXSW) sebagai suatu kesempatan untuk kegiatan pembangunan tim semacam ini. Kita mungkin hidup dan terhubung secara online saat ini, tetapi tidak ada yang dapat mengalahkan rapat tatap muka secara langsung dalam membangun rasa percaya dan hubungan.

Jika banyak hal berjalan baik dengan bisnis Anda dan Anda berniat untuk mengoptimasikan tim Anda, Anda dapat mencari beberapa pilihan populer terkait pembangunan tim. Segala sesuatu dari kegiatan kuliner sampai dengan pelatihan kemampuan olahraga dan seni dapat menjadi dan dibentuk sebagai upaya pembangunan tim. Dan jika tidak ada dari hal tersebut yang menarik perhatian Anda, ingatlah bahwa tidak ada hal yang dapat menyatukan banyak orang seperti pengalaman hampir mati.

Tunggu, apa?

Ya, itulah yang baru saja kami katakan: pengalaman hampir mati.

Kerja Sama dan Kolaborasi Lewat Smulasi yang Mengancam Nyawa

Untuk mereka yang cukup gila, ada perusahaan yang menawarkan simulasi skenario yang menngancam nyawa seseorang sebagai kegiatan membangun tim. Survival System USA, perusahaan yang mengajarkan kemampuan bertahan hidup kepada banyak kelompok seperti F.B.I, tentara nasional, dan Departemen Kepolisian New York, menawarkan simulasi kecelakaan pesawat terbang (lengkap dengan downwash dari helikopter penyelamat) dan menghasilkan huja, kegelapan, angin berkecepatan 120 mil per jam, asap dan api. Perusahaan tersebut menyatakan mereka telah melihat adanya peningkatan moral dan penghargaan terhadap diri sendiri dari para partisipan yang menyadari bahwa mereka memiliki kemampuan yang sebelumnya tidak pernah mereka ketahui-seperti keterampilan untuk tidak tenggelam.

Tidak perlu dikatakan, kami memiliki beberapa perhatian. Meskipun pengalaman tersebut dapat berjalan dengan baik untuk beberapa individu dan beberapa tim, sifat dasar yang ekstrem dapat sangat memberikan tekanan untuk banyak individu. Karena mereka yang memilih untuk tidak berpartisipasi atau menolak untuk mengikuti memiliki kemungkinan untuk dihakimi oleh rekan kerja dan pemberi kerja, orang-orang yang tidak nyaman dengan aktivitas tersebut bisa saja merasa terpaksa untuk berpartisipasi, menambahkan stress lebih lanjut, kemungkinan trauma, dan kemungkinan besar merasa tidak puas dalam pekerjaan. Apa pun yang palsu tidak dapat membunuh Anda dan tidak selalu bisa membuat Anda lebih kuat.

Baca Juga: Komunitas Online: Secangkir Niat Baik Untuk Ben

Jika Anda menyukai aspek bahaya/tantangan tetapi ingin melakukan sesuatu yang tidak begitu ekstrem, Anda dapat mencoba melarikan diri dari banyak ruangan. Untuk ulang tahun ke-13 anak kami tahun ini, kami telah mencobanya dan sangat menyenangkan, jika sedang memiliki banyak tekanan, pekerjaan-dan kami memilih ruangan yang paling mudah yang dimiliki oleh tempat tersebut. Tantangan yang dimiliki bisa menjadi sangat menyenangkan, dan jika tim Anda sedang sebraksi, tantangan tersebut dapat menjadi cara yang efektif untuk mengenal lebih jauh tentang satu sama lain dan tentang masing-masing kekuatan dan tantangan yang dimiliki di dalam lingkungan luar kantor.

Jika Anda sedang berpikir untuk menggabungkan beberapa kegiatan kerja sama dan kolaborasi dalam membangun tim ke dalam tempat kerja Anda, berikut beberapa pelajaran yang telah kita dapat.

  1. Pertimbangkan tim Anda dan pilih jenis kegiatan dengan hati-hati. Pastikan kegiatan tersebut inklusif dan semua anggota tim dapat berpartisipasi. Sebagai contoh, jika kegiatannya membutuhkan aktivitas fisik, pastikan semua anggota dapat menjadi bagian dari aktivitas tersebut.
  2. Pertimbangkan isu yang mungkin saja sedang dihadapi tim dan apakah jenis kegiatan ini merupakan cara terbaik untuk dilakukan. Jika Anda belum mengomunikasikannya dengan anggota tim Anda, Anda tidak mungkin tahu isu apa yang bisa saja muncul, jadi lakukan hal ini terlebih dahulu sebelum membuat perencanaan apa pun.
  3. Jangan tinggalkan kegiatan membangun tim begitu saja tanpa ada follow up. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kegiatan membangun tim tersebut, Anda perlu melakukan tanya jawab. Ambil pelajaran yang telah didapat, bagikan, dan gunakan sebagai tujuan yang dapat ditindaklanjuti untuk tim Anda.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Kebijakan Privasi | Disclaimer | Pedoman Siber - Copyright © 2021. Semua Saudara. Allright Reserved.