Kamu Bisa Terbangun Tanpa Terlarut Pada Berita-Berita

berita-berita

“Semua orang mendapatkan begitu banyak informasi sepanjang hari hingga mereka kehilangan akal sehat mereka.”

-Gertrude Stein

Salah seorang teman berkata, dia tidak tahu seberapa lama dapat terjaga menghadapi berita-berita mengerikan setiap harinya. Aku menyarankan sebaiknya dia tidak menyimak berita-berita itu sama sekali, dan begit pula halnya dengan orang lain.

Hampir tidak ada apa pun di dalam berita-berita yang setiap diri kita perlu baca di awal hari. Ketika kamu lansung menggapai poselmu atau latopmu begitu terjaga, maka kamu segera mengundang kecemasan dan kekacauan ke dalam kehidupanmu. Kamu juga telah mengucapkan perpisahan kepada momen-momen yang bisajadi paling produktif dalam kehidupan seorang yang kreatif.

Kebanyakan senimah telah menemukan bahwa mereka bekerja paling baik segera setelah terjaga, ketika pikiran mereka masih jernih, dan mereka masih dala kondisi setengah bermimpi. Sang sutradara Francis Ford Coppola mengatakan dirinya senang bekerja di awal pagi karena “belum ada seorang pun yang terbangun atau menghubungiku atau melukai perasaanku”. Cara termudah untuk melukai perasaanku adalah dengan menghidupkan ponselku di awal pagi. Bahkan pada saat langka ketika perasaanku tidak terluka, waktuku jadi habis dan pikiranku jadi berantakan.

Tentu saja, berita-berita memiliki kemampuan untuk mengacaukan pikiranmu kapan saja kamu menyimaknya. Pada 1852, Henry David Thoreau mengeluh dalam diary-nya- bahwa dia baru mulai membaca surat kabar mingguan dan dia merasabahwa kini diriny tidak menaruh cukup perhatian pada kehidupannya sendiri dan pekerjaannya. “Dibutuhkan pengabsdian lebih dari sehari untuk mengetahui dan menguasai kekayaan dalam sehari itu,” tulisnya. “Membaca hal-hal yang jauh dan muluk memperdayai kita dengan mengelabui hal-hal yang pada saat itu nyatanya dekat dan remeh.” Dia memutuskan perhatiannya terlalu berharga, dan menghentikan membaca surat kabar ingguan Tribune. Sekitar 116 tahun setelah Thoreau mengeluhkan tentang surat kabar mingguan, aku mendapati bahwa surat kabar Mingguan merupakan kompromi yang sehat: bisa dikatakan sudah mencakup seluruh berita yang kuperlukan sebagai seorang warga negara yang berwawasan.

Baca Juga: Terhubung Dengan Diri Sendiri Di Markas Ketenangan

Kalau kamu menggunakan ponselmu untuk terbangun dan itu merusak pagi harimu, cobalah ini: Sebelum kamu pergi tidur, colokkan ponselmu ke setop kontak di seberang ruangan, atau di suatu tempat yang jauh dari jangkauan tanganmu. Saat kau terbangun, berusahalah sebisa mungkin untuk tidak memandanginya.

Ada begitu banyak cara yang lebih baik untuk terbangun: Datangi markas ketenanganmu, nikmati sarapan, lakukan peregangan, berolahraga, jalan pagi, berlari, mendengarkan Mozart, mandi, membaca buku, bermain dengan anak-anakmu, atau nikmati keheningan sejenak. Meskipun hanya untuk lima belas menit, beri waktu bagi dirimu sendiri di pagi hari untuk tidak ditakut oleh berbagai berita-berita.

Ini tidak berarti menutup mata dari duni sekitar. Ini berarti menjaga keseimbangan batinmu dan kewarasanmu agar kamu bisa kuat dan melakukan pekerjaanmu.

Kamu bisa terjaga tanpa terlarut oleh berbagai berita-berita yang ada.

“Jaga penglihatan pada dunia batinmu dan menjauhlah dari berbagai iklan, orang-orang idiot, dan para bintang film.”

– Dorothea Tanning

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Kebijakan Privasi | Disclaimer | Pedoman Siber - Copyright © 2021. Semua Saudara. Allright Reserved.